Kebebasan

Aku kurang tahu apa artinya kalau orang ada yang bilang "I'm putting myself out there". Kalau di film sih bisa diambil kesimpulan, "putting oneself out there" equal, atau bisa disamakan dengan self-marketing. That means, being flirty, going on dates, hanging out with friends, or even strangers.

Sebagai remaja, ada sedikit tekanan to constantly be putting yourself out there. Why? Ada yang disebut peer pressure, kalau ada yang belom dengar, hal tsb adalah sesuatu yang muncul JIKA dan hanya jika the majority of people, young beautiful people, do it.

Tapi apa yang mereka tidak rasakan adalah bagi anak yang (1) punya single parent (2) not as priviliged (3) protective parents (4) sick parent, etc, putting oneself out there is going to be the second, third, or probably fourth option on what to do saturday night.

Intinya adalah tidak semua anak keadaannya sama. Orangtua dari kita semua juga berbeda. Mungkin ada anak yang kapan pun ingin jalan dan keluar, mereka akan struggle dengan diri sendiri. Apakah aku menjadi sangat egois di mata orangtuaku? Ada jg anak yg tidak ingin membebani orangtuanya, dll.

Sekarang, orangtuaku sudah meninggalkan aku untuk berdiri dengan kakiku sendiri. Walaupun tante dan omku memberikan kebebasan bagiku buat memilih kapan dan ke mana aku pergi, kadang aku kangen dengan larangan yang sering dilontarkan sama mama papa. Apalagi setelah papa meninggal, mama kadang ngambek kalau aku terlalu sering pergi bersama teman-temanku, sebagai single parent kadang mereka ingin lebih banyak waktu anak-anak dihabiskan di sekitar mereka.

Sejak mama papa meninggal, kebebasan untuk jalan atau pergi bersama teman-temanku kadang membawa kesenangan sementara. Tapi terkadang juga kebebasan ini membuat aku takut. Kebebasan datang dengan lebih banyak tanggung jawab terhadap diri sendiri karena tidak ada lagi yang bertanggung jawab untuk dirimu ketika orangtuamu tidak ada. Pilihan-pilihan inilah yang akan membuat aku dewasa, salah atau benarnya tidak bermasalah walaupun mungkin berpengaruh thdp masa depanmu, tp ya pada akhirnya kebebasan akan membawa pelajaran.

Comments

Popular Posts